Home » Berita Utama » Supervisi Sekolah

Supervisi Sekolah

Latar belakang

Pertumbuhan dan penyebaran SIT tidak disertai peningkatan kualitas yang signifikan

Pertumbuhan sekolah Islam Terpadu dalam lima tahun terakhir mengalami akselerasi yang cukup pesat, termasuk sekolah-sekolah diluar JSIT yang menggunakan branding Islam Terpadu atau Islam Plus. Kondisi ini disatu sisi menjadi kabar gembira bahwa konsep pendidikan berkualitas kita telah ditiru oleh banyak orang, sekaligus memotivasi tumbuhnya sekolah-sekolah berkualitas dari berbagai organ masyarakat. Disisi lain kondisi ini juga menjadi tantangan bagi SIT dalam jaringan JSIT agar mampu eksis dan kompetitif menawarkan pendidikan yang berkualitas

Tantangan sekolah Masa depan

Selama lima tahun terakhir, lulusan SIT di Jawa Timur telah menempati posisi 10 besar atau bahkan terbaik di daerah masing-masing. Prestasi akademis (UASBN) menjadi salah satu tolak ukurnya. Hal ini kemudian menjadikan SIT asyik dan sibuk untuk “sekedar” mengejar nilai UASBN. Tantangan masa depan jelas tidak bisa dijawab dengan sekedar lulus UASBN. Karenanya reorientasi sekolah harus dilakukan. Bahwa pendidikan diselenggarakan untuk menyiapkan anak bukan untuk zaman kita, tetapi zaman dimana anak-anak kita hidup nanti.

Tujuan

  • Melakukan mapping (pemetaan) kondisi sekolah dikomparasikan dengan standard mutu JSIT
  • Mengeksplorasi potensi-potensi untuk pengembangan sekolah
  • Mengeksplorasi permasalahan-permasalahan yang akan menjadi penghambat bagi perkembangan sekolah

Sasaran

  • Diperoleh peta sekolah sejawa timur dengan potensi dan kecenderungannya
  • Tersusun klasifikasi sekolah sebagai titik tolak penyusunan program-program up grading

Tahapan

Supervisi sekolah bukanlah kegiatan yang berdiri sendiri, tetapi ia menjadi satu rangkaian dengan kegiatan lanjutannya. Dalam pelaksanaan supervisi sekolah ini akan dilakukan beberapa tahap.

Tahap I

Workshop penyiapan tim supervisor (telah dilaksanakan)

Tahap II

Pengisian EDS (Evaluasi Diri Sekolah)

Supervisor akan turun ke setiap sekolah melakukan pendampingan dan eksplorasi. Setiap sekolah akan didampingi dua orang supervisor.

Waktu : selama bulan Maret

Tahap III

Workshop penilaian EDS dan mapping sekolah

Dilaksanakan pada tanggal 1 april oleh seluruh tim supervisor

Tahap IV

Workshop Renstra/RPS sekolah

Dilaksanakan dengan melibatkan unsur sekolah dan yayasan pada tanggal 21-22 April

Tahap V

Supervisi pelaksanaan program

Dilaksanakan pada bulan Oktober untuk melihat pelaksanaan Renstra/RPS dan program-program turunannya dan arahan pelaksanaan

Tahap VI

Workshop Rekomendasi tindak lanjut

Tahap VII

Supervisi Tindak lanjut

Dilaksanakan bulan Mei 2013

Teknis Pelaksanaan Tahap II (Pengisian EDS)

  1. JSIT akan mengirim form EDS per email ke SIT
  2. SIT mengisi form EDS
  3. Supervisor yang ditunjuk membuat kesepakatan jadual pendampingan dengan sekolah (lama pendampingan 5 – 8 jam sesuai kondisi sekolah)
  4. Supervisor membawa hasil pengisian yang sudah diskoring dikumpulkan di JSIT
  5. Akomodasi supervisor di sekolah menjadi tanggung jawab sekolah yang dikunjungi

Pengisian Format Supervisi

Sekolah mengisi format ; EDS, langkah 1 dan langkah 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy this password:

* Type or paste password here:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>